Jumat, 12 Agustus 2011

Mayat Berjalan sendiri ke Kubur (Toraja)

Saya pernah mendengar cerita tentang mayat yang dijalankan sendiri menuju kekuburannya, sewaktu saya masih bersekolah (SMA) di Toraja, tapi saya ngga ada darah toraja sama sekali yah.... :p

Sebenarnya sudah lama pengen menulis tentang ini, tapi lupa mulu hehehhehe..... sampai tiba tiba nemu di KASKUS, baru deh ingat...

Cerita cerita yang sering saya dengarkan dari temen temen SMA saya dulu (saat itu kelas satu SMA, saya di SMA Kr Barana Toraja, ada yang tau? wkwkwk, terpancil abis sob) Setelah seseorang meninggal terkadang mayatnya tidak langsung di kuburkan melainkan disimpan sampai beberapa kebutuhan terpenuhi untuk acara penguburan, seperti dana, Kerbau, babi dan hal hal lainnya maklumlah, dalam acara penguburan adat Toraja, itu sangat sakral dan harus dilakukan dengan pesta yang besar besaran sebagai tanda penghormatan terakhir.

Tidak jarang mayat mayat tersebut disimpan sampai setahun atau bahkan lebih, sampai semua kebutuhan itu terpenuhi. dan cerita yang serunya adalah pada jaman dulu saat peralatan di daerah toraja ini belum terlalu hebat, mayat akan di beri mantra untuk berjalan sendiri sampai kekuburannya dan membaringkan dirinya sendiri, ini dimaksudkan agar memudahkan penguburan karena dalam adat banyak orang yang dikuburkan di kuburan gantung (kuburan yang digantung diatas tebing dan ada juga didalam goa di atas tebing yang tinggi)

cerita lainnya mengatakan bahwa adat mayat berjalan sendiri itu masih berlaku sampai sekarang. dan ada yang serem nih, ketika ritual menjalankan mayat tersebut sedang berlangsung seseorang (siapapun itu, mau presiden juga) ngga boleh menegur mayat yang sedang berjalan itu

contoh: "Wow keren mayatnya bisa jalan", atau "wah itu mayat yah? (sambil menunjuk)"

Itu sangat dilarang.... kenapa? karena bisa bisa mantranya hilang, mayat bisa terjatuh dan mantra ngga bisa dimasukan lagi. hahahhahaha

ok..... ini percaya ngga percaya lho..... tapi saya tetap harus percaya, karena temen temen (semua asal Toraja) SMA (pas kelas satu) sendiri yang menceritakannya........ ok untuk foto saya hanya bisa menyertakan yang dari Kaskus aja.... soalnya sekarang lagi di Bandung jadi ngga bisa turun langsung kelapangan buat dokumentasi wkwkwkwkwkwkwk


Serem kan...??!!!??? wkwkwkwkkwkwk

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites