Kamis, 20 Oktober 2011

CARA MEMBANGUN HOTSPOT SENDIRI

    Perkembangan Dunia Teknologi Informasi akhir-akhir ini sangatlah menakjubkan,bayangkan saja Titik HOTSPOT yang sudah ada sudah tak terbilang banyaknya.
   Nah bagi pemula yang ingin belajar membangun HOTSPOT sendiri saya akan bagi-bagi ilmu dari awal persiapan,Seting Perangkat sampai pembuatan antena HOTSPOT model OMNI Directional.
   Adapun langkah pertama yang perlu disiapkan yaitu kita harus mempunyai koneksi internet (Kalo bisa sih yang Unlimited) dan semua peralatan pendukung harus sudah ada,antara lain :
(Saya disini mengumpamakan dengan layanan Telkom Speedy)

 1.    Modem ADSL
 2.    Akses Point
 3.    Box Untuk Akses Point
 4.    Kabel CAT5 atau CAT6
 5.    Konektor RJ-45
 6.    Kabel Pig Tail ( tergantung dari jenis Akses Point yang dipakai)
 7.    Kabel Listrik beserta Jack Listrik + Stop Kontak
 8.    Antena + Bracket (disini saya memakai OMNI Dir

Berikut ini saya sampaikan tips atau cara membuat hotspot sendiri dengan laptop - netbook :
(Dalam hal ini saya membuat hotspot dengan menggunakan Netbook Asus Eee PC 1015PW)
1. Nyalakan laptop - netbook yang telah terinstall dengan Windows 7
2. Pasang modem dan koneksikan ke internet
3. Aktifkan fasilitas LAN Nirkabel / wifi di laptop - netbook Anda (dalam contoh di netbook Asus Eee PC 1015PW ini dengan cara menekan kombinasi tombol Fn dan F2)
4. Download gratis software hotspot yang bernama Connectify disini.
5. Setelah download selesai, lakukan install Connectify
6. Setelah install Connectify selesai, Anda jalankan Connectify sehingga keluar tampilan gambar Connectify seperti berikut :

connectify-run-1
7. Perhatikan gambar connectify di atas, pada angka 1 silahkan isi nama hotspot Anda (dibelakang Connectify), pada contoh ini saya memakai nama me, sehingga hotspotnya bernama Connectify-me.

8. Pada angka 2 silahkan masukkan password hotspot Anda, sehingga orang lain atau client yang akan mengakses harus dengan seijin Anda sebagai pemilik hotspot. Password yang dimasukkan minimal 8 karakter.

9. Pada angka 3, Anda harus menentukan modem yang digunakan (karena ini adalah Connectify versi freeware, sehingga tidak support fasilitas autodetect terhadap modem yang digunakan). Apabila Anda menggunakan modem USB merk ZTE, maka pilihlah ZTE Wireless Terminal. Untuk jenis modem yang lain, silahkan Anda pilih sendiri dari list yang ada karena salah satunya adalah modem yang Anda gunakan.

10. Biarkan pilihan-pilihan yang ada di menu bagian bawahnya seperti apa adanya, kemudian Anda klik tombol Start Hotspot

11. Apabila setingan Connectify sudah benar, maka setelah Anda tekan tombol Start Hotspot akan menampilkan gambar Connectify seperti di bawah ini :

connectify-run-2
12. Pada huruf A menunjukkan bahwa modem yang digunakan sudah terdeteksi dan bisa berjalan dengan baik, yaitu ada tanda centang berwarna hijau di depan (nama modem) ZTE Wireless Terminal. Sehingga sudah siap hotspot Anda untuk digunakan dan diakses oleh perangkat lain sebagai sumber wifi.

13. Pada huruf B menunjukkan bahwa hotspot Connectify-me sudah berjalan dan sedang diakses oleh 2 client.

14. Untuk mengakhirinya, Anda tinggal menekan tombol Stop Hotspot.

Demikianlah langkah-langkah atau cara membuat hotspot sendiri. Selamat mencoba semoga berhasil.


Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/computers/1837072-membangun-hotspot-bab/#ixzz1bNAwA1ME

0 komentar:

Poskan Komentar

Share it

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites